Senin, 28 Mei 2012

LANGKAH-LANGKAH MENULIS BERITA

LANGKAH-LANGKAH MENULIS BERITA
A.    Pengertian Berita
Berita berasal dari bahasa sansekerta  “Vrit” yang dalam bahasa Inggris disebut  “Write” yang arti sebenarnya adalah “Ada” atau “terjadi”. Ada juga yang menyebut dengan “Vritta” artinya “Kejadian “ atau yang telah terjadi. Menurut kamus besar, berita berarti iaporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.
Berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi sebagian khalayak, melalu media berkala seperti surat kabar, radio, televise atau media on-line internet. Secara umum,berita mempunyai bagian –bagian dalam susunannya yaitu :
1.    Headline
Bias disebut judul, sering juga dilengkapi dengan anak judul. Ia berguna untuk : (1) menolong pembaca agar segera mengetahui peristiwa yang akan di beritakan, (2) menonjolkan satu berita dengan dukungan teknik grafika.
2.    Deadline
Ada yang terdiri atas nama media massa,tempat kejadian dan tanggal kejadian. Tujuannya  adalah untuk  menunjukan tempat kejadian dan inisial media.
3.    Lead
Lazim disebut teras berita. Biasanya di tulis pada peragraf pertama sebuah berita. Ia merupakanunsur yang penting dari sebuah berita yang menentukan apakah isi berita akan dibaca atau tidak. Ia merupakan sari patih sebuah berita, yang melukiskan  seluruh berita secara singkat.

4.    Body
Atau tubuh berita, isinya menceritakan peristiwa yang dilaporkan dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Dengan demikian Body merupakan perkembangan berita.
B.    Langkah-langkah Menulis Berita

1.    Mencari Berita
Bagaiman cara informasi atau berita di media massa? Tentu saja harus dicari yang didahului dengan perencanaan di dapur redaksi. Misalnya mencari berita tentang pemilihan rector salah satuperguruan tinggi swasta. Persiapan yang perlu di lakukan yaitu mencari informasitentang nama-nama yang muncul dalam bursa kandidat rector,namun mekanisme pemilihan rektor, jadwal pendaftaran bakal calon rektor, persyaratan bagi para calon rektor, jadwal penyampaian visi-misi calon rektor, jadwal penetapan calon rektor, serta jadwal pemulihan rektor. 
Selain itu, wartawan menemui dan mewawancarai para bakal calon rektor, serta meminta pendapat dari berbagai pihak di kampus, antara lain rektor yang sedang atau masih menjabat  ketua yayasan, dosen  dan mahasiswa.
2.    Membuat Berita
Berbagai informasi yang telah di kumpulkan itu kemudian diolah dan di ramu dalam rangkaia “kalimat yang mengandung unsur  5w + 1H. 5W dimaksud yaitu “ what” (apa), “who” (siapa), “when” (kapan), “where” (dimana), “why” (mengapa), sedangkan 1H dimaksud yaitu “how” (bagaimana).
Ada banyak model berita, tetapi pada dasarnya berita di bagi menjabi dua jenis, yaitu berita langsung (straight mews) dan berita tidak langsung  (feature news). Berita langsung adalah berita yang langsung mengemukakan unsur  5W + 1H pada paragrap awal (alinea pertama hingga alinea kedua), sedangkan berita tidak langsung biasanya diawali dengan kata-kata atau kalimat yang menarikpada paragrap – paragraf  awal, sedangkan unsur  5W + 1H terurai dalam paragraf –paragraf  berikutnya.
3.    Konstruksi berita
Bangunan atau konstruksi berita terdiri dari 3 unsur , yakni judul berita, teras berita, serta kelengkapan atau penjelasan berita. Berita langsung biasanya  menggunakan bangunan seperti piramida terbalik. Dengan menggunakan metode piramida terbalik, informasi- informasi yang kurang penting atau tidak penting dapat dibuat jika tempat (di halaman Koran, tabloid, majalah). Atau waktu yang tersedia (TV, dan radio) terbatas.
Informasi  yang dibuang atau di penggal tentu saja di harapkan tidak mengurangi atau mengganggu inti berita secara keseluruhan, karena semua fakta yang penting telah di kemukakan pada paragraf awal. Model pemberitaan “ straight news “  terutama di tunjukan bagi orang –orang yang sibuk atau tidak mempunyai waktu luang untuk membaca, mendengar, atau menonton suatu pemberitaan.
Contoh : Berita
Akibat Gempa, Dua Warga Terluka Parah
Gempa tektonik yang mengguncang wilayah Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara pada Senin pagi (25/4/2011), tidak hanya membuat warga mengungsi dan menelan kerugian akibat rumah-rumah mereka rusak, namun akibat gempa, dua warga dilaporkan terluka.
Di Desa Landipo, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, seorang ibu bernama Ati (31) dilaporkan terluka akibat terkena reruntuhan bangunan rumahnya yang roboh. “korban sudah kita evakuasi ke RSUD Sulawesi Tenggara,” ujar Kapolsek Moramo, AKP Hairuddin R.
Sementara, di Kota Kendari, seorang karyawati Toko Sinar Buana yang bernama Fai (24) nekat lompat dari jendela lantai tiga karena panik. Akibatnya, ia pun mengalami patah tulang pada bagian belakang badannya dan korban kini tengah menjalani perawatan di RS Korem 143 Haluoleo.
Sebenarnya, sebelum korban melompat ia sempat diingatkan oleh rekan-rekannya agar tidak melakukan tindakan itu, namun naas korban yang sudah panik tetap nekat  untuk melompat. Beruntung nyawa korban masih tertolong setelah tubuhnya tertahan pada atap teras sebuah bengkel.
Sejauh ini, belum diketahui adanya korban meninggal dunia akibat peristiwa  gempa yang terjadi sepanjang Senin hari ini, namun dampak gempa sangat dirasakan oleh warga Kota Kendari dan Konawe Selatan. Selain mengakibatkan kerusakan rumah-rumah warga, dampak gempa juga membuat warga yang tinggal diwilayah pesisir terpaksa mengungsi kedaerah perbukitan karena  khawatir dengan gempa susulan berskala besar dan berpotensi terjadi tsunami.
Sebelumnya, gempa tektonik yang mengguncang wilayah Kota Kendari Dan Kabupaten Konawe Selatan terjadi secara beruntun. Gempa pertama terjadi pukul 07.07 Wita dengan kekuatan 6,0 SR yang berpusat di Kecamatan Kolono, Kabupaten Konawe Selatan, disusul gempa kedua sekitar pukul 07.10 Wita dengan kekuatan 4,7 SR yang berpusat di Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan dan gempa ketiga sekitar pukul 07.25 Wita yang berkekuatan 5,2 SR dengan pusat gempa di Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari. Penyebab gempa akibat adanya pergeseran lempeng sesar lasolo dan patahan teluk tolo.

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT IKLAN
1.    Pelajari dengan seksama apa yang akan diiklankan. Apakah sebuah produk, jasa atau  pengumuman? Ingat ya, pelajari! Dengarkan, lihat dan baca iklan-iklan sebelumnya. Sering terjadi pembuat iklan tidak mengerti tentang produk/jasa yang akan dibuatkan iklannya. Celaka 12. Selain memelajari produknya, pelajari juga produk/jasa pesaingnya. Dengarkan, tonton dan baca juga iklan-iklan para pesaing tersebut. Analisis semua hasil pengamatan tersebuut.
2.    Pelajari dengan seksama apa tujuan iklan tersebut. Apakah perkenalan, pencitraan, memelihara produk atau menjual?
3.    Lakukan brainstorming ide (lebih baik dilakukan oleh lebih dari satu orang). Di biro iklan, brainstorming ide dilakukan oleh beberapa kelompok, yang setiap kelompoknya terdiri dari beberapa orang. Mereka mengadu idenya dan berdebat, saling memertahankan ide. Di radio mungkin tidak bisa seperti itu karena keterbatasan sumber daya manusia. Tapi, brainstorming bisa dilakukan secara informal antara program director, tim sales dan produser iklannya. Jangan pernah menyerahkan pembuatan iklan ini kepada satu orang saja tanpa brainstorming.
4.    Pilihlah ide yang paling kreatif dan sesuai dengan point 1 dan 2. Semakin banyak kepala pasti jumlah idenya semakin banyak juga.
5.    Buatlah naskah yang terbaik berdasarkan point 3 dan 4. Ingat patokan-patokan menulis naskah radio, yang berbeda dengan menulis naskah media lainnya.. Kalau belum tahu patokan-patokan menulis naskah radio, baca kembali. Menulis untuk radio artinya menulis untuk telinga bukan untuk mata. Telinga punya banyak keterbatasan dalam menangkap pesan. Apalagi jika harus mengingat sesuatu, telinga jauh berada di bawah kemampuan mata. Banyak sekali pelaku radio yang mengabaikan hal semacam ini. Misalnya dalam penulisan dan penyebutan nomor telpon. Sering hanya disebut sekali saja secara cepat. Lebih parah lagi karena nomor telpon yang disebut terburu-buru itu tidak hanya satu, kadang 2 atau 3 nomor telpon. Alamaaaak!
6.    Lengkapi dengan sound effect dan musik yang pas. Ingat, setiap musik memiliki hak cipta sehingga harus hati-hati dalam penggunaannya. Kalau punya alat dan kemampuan, buatlah musik kreasi sendiri. Sudah banyak software tentang musik. Atau rekam saja piano/organ atau gitar di studio Anda.
7.    Pilih narator dan voice over yang tepat. Sering terdengar iklan di radio buatan radio itu sendiri, berisi suara yang kurang pas. Mungkin karena punggawanya terbatas. Seharusnya itu bukan hambatan. Stok suara – kalau mau berusaha sedikit – pasti tidak akan pernah kekurangan.
8.    Berkreasilah… Iklan yang berhasil adalah yang bisa menghibur, memorable dan menggugah.
Contoh Iklan :
Ingin rambut anda terbebas dari ketombe dan rambut rontok,serta mendapatkan rambut yang lembut dan mudah diatur walaupun tanpa menggunakan sisir..??
Gunakanlah shampoo Clear baru.dengan menggunakan shampoo ini dijamin rambut anda akan terbebas dari ketombe dan rambut rontok.dengan harga yang terjangkau,hanya dengan mengeluarkan uang Rp.500,00, anda sudah dapat memperoleh shampoo Clear ini,dengan hasil yang maksimal.

LANGKAH-LANGKAH SURAT RESMI

1. Kepala surat atau kop surat : Nama instansi/lembaga/perusahaan dll, alamat instansi terkait,    logo     instansi (dari pengirim surat)
2. Ada nomor surat : No urutan surat yang dikirimkan
3. Lampiran : berapa jumlah lembar yang disertakan selain surat
4. Hal : Pemberitahuan tentang isi surat
5. Tanggal surat
6. Alamat tujuan
7. Salam pembukaan
8. Isi surat
9. penutup surat : salam penutup, jabatan, tanda tangan, nama
11.tembusan surat, berupa penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu kegiatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar