SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
B. KOMPETENSI DASAR :
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam¬an
C. MATERI PEMBELAJARAN :
Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
• unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, dan amanat)
• unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No. | Indikator pencapaian Kompetensi | Nilai budaya dan Karaker Bangasa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
1 | Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.). | • Bersahabat/ komunikatif | • Kepemimpinan |
2 | Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman. | • Tanggung jawab | |
3 | Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.). | ||
4 | Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman. |
E. TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
• Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
• Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
• Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman dengan menggunakan bahasa yang santun dan efektif.
F. METODE PEMBELAJARAN :
- Penugasan
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Unjuk kerja
- Ceramah
- Demonstrasi
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
• Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung. • Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) |
• Mencari siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
• Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.
|
• Siswa dapatMenyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
• Siswa Menyimpulkan tentangsiaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung. |
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No. | Kegiatan Belajar | Nilai Budaya dan Karakter Bangasa |
1 |
Kegiatan Awal :
- Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini. | Bersahabat/ komunikatif |
2 | Kegiatan Inti : ? Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : ? Mendengarkan cerita daerah tertentu (Misalnya: Si Kabayan, Roro Jonggrang, Malin Kundang)* ? Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik ? Menyampaikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik. ? Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, ? ceritakan yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam¬an ? Diskusi dan tanya jawab ? Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: ? Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui ? Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | Tanggung jawab |
3 |
Kegiatan Akhir :
- Refleksi
- Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
| Bersahabat/ komunikatif |
I. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku cerita/kaset LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus. Buku pendamping: Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
K. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk Instrumen:
Uraian bebas
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar